KENDALA GURU DALAM PENILAIAN SIKAP SISWA KURILUM 2013 DI MI MA’ARIF NU BRUNOSARI PURWOREJO

Siti Anisatun Nafi'ah, Eka Musyayanah

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang diberlakukan di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Pada pelaksanaanya di lapangan masih banyak kendala dalam implementasi kurikulum tersebut. Kendala yang masih dirasakan oleh guru khususnya pada penilaian pembelajaran sikap siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara menggunakan miles and hubberman. Teknik yang dilakukan dalam artikel ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa guru masih mengalami kendala dalam melakukan penilaian, khususnya pada penilaian aspek sikap yang di anggap sangat rumit. Guru mengalami kesulitan dalam penilaian sikap kerjasama, menghargai, peduli, dan jujur. Faktor yang menyebabkan kesulitan guru dalam melakukan penilaian diantaranya keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.