FAKTOR SOSIAL EMOSIONAL SISWA GIFTED

Melik Budiarti

Abstract


Gifted merupakan siswa yang menunjukkan kemampuan berpikir di atas rata-rata. Siswa (gifted) menunjukkan bahwa siswa berbakat terdiri atas 10% dari semua siswa dan dapat menunjukkan bakat di berbagai domain, seperti akademik, kreatif, interpersonal, dan bidang fisik. Perbedaan potensi akademik antara siswa gifted dengan teman sebayanya, dan ketidakcocokan dengan siswa dan lingkungan belajarnya berkontribusi dalam menghadapi tantangan sosial dan emosionalnya. Kebosanan merupakan masalah yang sangat penting bagi siswa gifted karena memiliki efek negatif yang kuat pada pencapaian akademik. Tantangan sosial dan emosional juga berkorelasi dengan kesejahteraan mental dan penyesuaian pribadi yang positif dalam siswa gifted. Aspek sosial emosional dalam penelitian ini berhubungan dengan self concept dan keterampilan sosialnya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.