PENUMBUHAN SIKAP TANGGAP BENCANA MELALUI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA

Dorojatun Maulannisa

Abstract


Pembelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan sikap tanggap terhadap bencana. Materi pembelajaran IPA tentang gejala alam, meliputi banjir, tanah longsor, dan kebakaran. Pembelajaran IPA yang terintegrasi mitigasi bencana merupakan suatu perencanaan untuk mendesain pola pengajaran berbasis kehidupan sehari-hari yang disesuaikan dengan materi penanggulangan bencana alam berdasarkan pengurangan risiko bencana. Tujuan digunakannya pembelajaran IPA yang terintegrasi mitigasi bencana meliputi mengetahui macam-macam bencana alam, gejala, dan akibatnya, meningkatkan pemahaman dalam pengurangan risiko bencana alam, dan untuk menumbuhkan sikap tanggap bencana terhadap bencana alam. Metode yang digunakan dengan mengintegrasikan Pembelajaran IPA dengan mitigasi bencana berupa mengabungkan materi IPA pada pembelajaran Tematik dengan alat peraga Multimedia. Hasil yang diharapkan menggunakan pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan mitigasi bencana dapat menumbuhkan sikap tanggap terhadap bencana dan meminimalisir resiko ketika terjadi bencana alam.
Kata Kunci: bencana, mitigasi bencana, pembelajaran IPA, dan tanggap bencana

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.