PENANAMAN KARAKTER CRITICAL THINKING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR PADA PEMBELAJARAN IPA

Anna Shinta Raharja

Abstract


Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan konsep. Pembelajaran berbasis lingkungan merupakan suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar. Dampak positif penerapan pembelajaran berbasis lingkungan, peserta didik dapat terpacu sikap rasa keingintahuannya tentang sesuatu yang ada di lingkungannya. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum dengan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelek, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, terciptanya kondisi pembelajaran bahwa peserta didik membutuhkan belajar, melatih peserta didik dalam mengomunikasikan ide-ide, mampu mempersiapkan generasi yang berpikir kritis, dan berketerampilan.
Kata Kunci: pembelajaran IPA, pembelajaran berbasis lingkungan, dan pendekatan saintifik

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.