INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Nurul Woro Setiawati

Abstract


Penurunan kualitas moral bangsa yang terlihat dari fenomena di berbagai sektor kehidupan.Permasalahan penurunan kualitas moral bangsa tersebut disebabkan berbagai fakor diantaranya dunia pendidikan yang lebih memfokuskan pesert didik dalam aspek pengetahuan (kognitif) dan cenderung mengabaikan aspek budi pekerti (afektif dan psikomotorik). Munculnya gagasan pendidikan karakter di dunia pendidikan salah satunya untuk mengintegrasikan aspek pengetahuan dan budi pekerti dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Tujuan integrasi ini untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA, mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPA, mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang profil karakter peserta didik. Integrasi pendidikan karakter merupakan bentuk pendidikan yang perlu dilakukan semua pihak secara berkesinambungan. Integrasi pendidikan karakter di pembelajaran IPA sekolah dasar dapat diwujudkan dengan mengkaitkan tema pada pembelajaran IPA dengan budaya, lingkungan, makhluk hidup beserta proses kehidupan, energi beserta perubahannya, dan kondisi sosial di sekitar siswa.
Kata Kunci: integrasi pendidikan karakter, karakter, pembelajaran IPA

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.