PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 2 NGANDONG GANTIWARNO, KLATEN

Sri Suwartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SDN 2 Ngandong, Gantiwarno, klaten dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di SDN 2 Ngandong, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SDN 2 Ngandong terlaksana melalui pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada KBM, kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter, keseharian/ pembiasaan yang tercipta melalui budaya sekolah. Faktor pendukung berupa komunikasi, kerja sama kepala sekolah dan guru, sosialisasi dewan sekolah dengan masyarakat, dan fasilitas. Faktor penghambat meliputi pengaruh lingkungan, komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua, rendahnya kesadaran peserta didik, terbatasnya sumber dana, dan kurangnya pengawasan.
Kata Kunci: sekolah dasar, karakter siswa, dan nilai pendidikan karakter

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.