PROBLEMATIKA PENDISIPLINAN PERILAKU NORMATIF DALAM KEGIATAN PIKET KELAS

Bambang Afriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menelaah problematika perilaku adaptasi yang dilakukan oleh siswa kelas IV di SDN Belendung Tengah I pada kegiatan piket kelas. Dimana pola perilaku merupakan wujud atas respon terhadap suatu bentuk dari aturan yang diterapkan dalam hal ini di SDN Belendung Tengah I yang terletak di Jalan KH Mursan Kelurahan Belendung Kecamatan Benda Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian menemukan bahwa piket kelas sebagai pembentuk karakter disiplin. Kegiatan piket kelas memiliki dua pola adaptasi pada setiap jenjang kelas, yaitu: kelas satu dan dua sebagai jenjang di mana anak mengenal kegiatan piket kelas, dan pada kelas tiga, empat, lima, dan enam siswa harus dapat beradaptasi karena telah mengetahui pola-pola rutinitas kegiatan ini. Piket kelas didasari sebagai pembentuk siswa perilaku disiplin, tapi pada prakteknya terjadi problem adaptasi yaitu perilaku tidak disiplin, perilaku ini merupakan terhambatnya tujuan dari kegiatan piket kelas. Problem tersebut terjadi berhubungan dengan pengetahuan dan sikap siswa yang menghasilkan cara adaptasi siswa dari kegiatan piket kelas. Siswa yang bermasalah dalam nilai normatif pada kegiatan piket kelas merupakan cara beradaptasi yang salah, selanjutnya akan dibahas dalam hasil temuan dan dianalisis mengunnakan konsep kedisiplinan dan perkembangan moral dan sosial siswa, dan sistem pengendalian perilaku.
Kata Kunci: piket kelas, adaptasi, disiplin, perkembangan moral

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.