MELEJITKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MEDIA DIORAMA

Feranika Oktafiani

Abstract


Kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi dan kreativitas siswa yang cenderung rendah. Karakteristik siswa SD masih belum berani menuangkan ide kreatif dalam menghasilkan karya dan ketakutan hinaan pada karya yang telah dibuat, sehingga menghambat pengembangan kreativitas siswa. Diorama merupakan media tiga dimensi yang menggambarkan suasana atau pemandangan sebenarnya. Penyajian diorama terdiri dari bentuk-bentuk atau objek-objek yang ditempatkan pada panggung berlatar belakang lukisan. Kelebihan dari media diorama membuat siswa lebih kreatif dalam pembelajaran serta memberikan gambaran kejadian yang sebenarnya dalam bentuk kecil sehingga mempermudah siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran. Media ini bertujuan agar siswa dapat tertarik dalam pembelajaran IPA dan melejitkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: kreativitas, media diorama, dan pembelajaran IPA SD

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.