PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BATANG NAPIER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa di kelas IV SD Negeri Gandu I dengan menggunakan media batang napier. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek yang terlibat adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gandu I dengan jumlah siswa sebanyak 26 terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Alat yang digunakan berupa lembar evaluasi dan lembar observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan media batang napier dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas IV SD Negeri Gandu I, hal ini ditandai dengan adanya peningkatan hasil evaluasi setiap siklus. Pada siklus 1 dengan nilai rata-rata kelas mencapai 63,94 dilihat dari 10 siswa (38,46%) telah mencapai KKM sedangkan 16 siswa (61,54%) belum mencapai KKM. Pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 77,31 dilihat dari 21 siswa (80,77%) telah mencapai KKM sedangkan 5 siswa (19,23%) belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media batang napier dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa di kelas IV SD Negeri Gandu I.
Kata Kunci: pemahaman konsep, batang napier, dan pembelajaran Matematika
Kata Kunci: pemahaman konsep, batang napier, dan pembelajaran Matematika
Refbacks
- There are currently no refbacks.