PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK PENGUASAAN KONSEP IPA SD

Nur Khasanah

Abstract


Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang mengkondisikan suasana belajar aktif kepada siswa. PBL merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah dan keterampilan untuk memecahkan masalah. Pembelajaran IPA melibatkan keaktivan baik aktivitas fisik maupun aktifitas mental, dan berfokus pada siswa berdasarkan pada pengalaman keseharian siswa dan minat siswa. Keterampilan proses merupakan keterampilan yang pemerolehannya dari latihan, kemampuan mental fisik, dan sosial sebagai pengaruh kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi. Pengembangan keterampilan intelektual, sosial, dan fisik yang bersumber dari kemampuan mendasar, pada prinsipnya keterampilan intelektual tersebut telah ada pada siswa. Keterampilan proses sains merupakan suatu cara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guna mengembangkan dan membantu siswa dalam memahami konsep. Pembelajaran berbasis keterampilan proses siswa dilatih untuk menghadapi berbagai macam masalah untuk di pecahkan sendiri atau kelompok. Penguasaan konsep keadaan memahami suatu topik dengan cara memahami konsep-konsep yang terkandung dalam topik. Penguasaan konsep berarti semua kegiatan dilakukan selama pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat memahami konsep.
Kata Kunci: berbasis keteraampilan proses, penguasaan IPA SD, dan problem based learning

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.