PENGUATAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROSES

Akhmad Akbar Harmila

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran untuk sekolah dasar dalam kurikulum saat ini semenarik mungkin, dengan tujuan agar siswa mudah memahami. Penguasaan keterampilan oleh siswa dalam kurikulum meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, keterampilan proses, dan keterampilan sosial. Pengembangan keterampilan tersebut melalui pengalaman langsung sehingga siswa lebih menghayati proses pembelajaran. Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih kretif dengan berbagai kegiatan. Peran siswa dalam kurikulum tersebut lebih aktif dari pada peran guru. Dengan demikian, keterampilan proses dalam kurikulum 2013 menjadi utama. Hal ini dikarenakan dalam keterampilan proses meliputi mengobservasi, membandingkan, mengelompokkan, mengukur, mengkomunikasikan, menginferensi, memprediksi, membuat hipotesis, mendefinisikan, dan megendalikan variabel. Tujuan keterampilan proses dalam pembelajaran untuk membiasakan siswa menghadapi berbagai tantangan pada masa yang akan mendatang.
Kata Kunci: keterampilan siswa, keterampilan proses, dan sekolah dasar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.