PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

S. Eko Putro Widoyoko

Abstract


Penilaian pembelajaran berbasis HOTS merupakan upaya dalam mengukur kemampuan siswa melalui soal-soal yang berorientasi pada berpikir kritis tingkat tinggi. Penilaian pembelajaran berbasis HOTS di dahului dengan pengukuran yang berdasarkan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan dari penggunaan HOTS dalam penilaian pembelajaran untuk melatih siswa berpikir kritis dan terbiasa menyelesaikan soal dengan permasalahan kontekstual. Instrumen penilaian pembelajaran berbasis HOTS terdiri dari instrumen tes dan instrumen nontes. Berdasarkan sistem penskoran terdiri dari tes objektif dan tes subjektif. Tes objektif menggunakan model pilihan ganda hubungan antar hal, analisis kasus maupun asosiasi. Pertanyaan atau soal dalam tes subjektif sebaiknya mengukur ranah C4 – C6 (analisis, evaluasi dan kreasi).
Kata Kunci: penilaian pembelajaran, HOTS, dan berpikir kritis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.