PERMAINAN TRADISIONAL EDUKATIF SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Rintis Rizkia Pangestika, Galih Yansaputra

Abstract


Pada penerapan kurikulum 2013 sekarang ini, guru kurang optimal dalam menyampaikan materinya, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam belajar Matematika. Selain itu, sebagian besar guru masih belum dapat mengaplikasikan konsep Matematika dalam permasalahan kehidupan sehari-hari yang dapat dikaitkan dengan mata pelajaran lain. Hal tersebut mengakibatkan siswa lebih senang bermain dari pada memperhatikan guru. Usia anak sekolah dasar memang masih pada tahap bermain. Permainan tradisional edukatif merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar khususnya pembelajaran Matematika. Maka dari itu, tujuan dari pendampingan permainan tradisional edukatif ini supaya dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Matematika dan meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar yang sesuai dengan perkembangan siswa. Selain itu, melalui permainan tradisional edukatif ini siswa juga dapat menemukan pengetahuan dan pengalamannya sendiri secara menyenangkan. Siswa dapat mengenal dan mempelajari kekayaan budaya yang kita miliki melalui berbagai permainan tradisional yang sudah punah pada saat ini karena teralihkan oleh gadget. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif melalui observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pertama, pendampingan permainan tradisional edukatif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Matematika sehingga aktivitas dan hasil belajarnya pun meningkat. Kedua, dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa.
Kata Kunci: permainan tradisional, permainan edukatif, dan Matematika sekolah dasar



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.