MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS SEBAGAI UPAYA MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR

Rahmawati Rahmawati, Nur Ngazizah

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang memadukan empat kompetensi secara lengkap meliputi kompetensi afektif, kognitif, psikomotorik, dan spiritual. Selain keempat faktor tersebut juga dikembangkan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang terdiri dari nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, serta religiusitas. Salah satu model yang dapat digunakan dalam kurikulum 2013 adalah Model Problem Based Learning (PBL) yang berbasis Keterampilan Generik Sains bermanfaat dalam melatih kemandirian belajar siswa. Model PBL merupakan model pembelajaran yang menyajikan sebuah masalah untuk dikaji dan dijadikan pembelajaran. Sedangkan untuk Keterampilan Generik Sains meliputi pemecahan masalah, berpikir kritis, analisis, komunikasi, keterampilan teknologi, dan kerjasama. Kemandirian belajar merupakan sebuah kegiatan belajar yang didasari dari dalam siswa dengan inisiatif dari dirinya sendiri tanpa mengandalkan bantuan orang lain. Tujuan dari model ini meliputi menghasilkan suatu model pembelajaran yang mampu mengaitkan segala aspek kebutuhan dalam pembelajaran dan mampu melatih kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Strategi yang digunakan dengan teknik kualitatif yang diperoleh dari pengamatan serta pengkajian-pengkajian model pembelajaran. Hasil yang diharapkan Model PBL Berbasis Keterampilan Generik Sains dalam pembelajaran IPA berhasil melatih kemandirian belajar siswa terutama mata pelajaran IPA sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.
Kata Kunci: kemandirian siswa, Keterampilan Generik Sains, dan model PBL



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.