MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN DAN KEAKTIVAN SISWA SEKOLAH DASAR

Sinta Rahmawati, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Permasalahan pada pembelajaran Matematika bahwa siswa sering menganggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal ini disebabkan siswa harus memahami banyak sekali konsep-konsep dan mengingat rumus yang sudah disampaikan sehingga mengakibatkan pemahaman dan keaktivan siswa menurun. Hal tersebut dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap pemahaman dan keaktivan siswa dalam pembelajaran Matematika. Harapan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, dapat meningkatkan pemahaman dan keaktivan siswa. Ciri model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan cara permainan berkelompok. Model pembelajaran Scramble merupakan suatu cara mengajar dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, setiap kelompok dibagikan lembar soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Keunggulan pembelajaran Scramble meliputi mendorong siswa untuk lebih aktif mengerjakan soal yang diberikan, melatih siswa untuk saling bekerja sama, memudahkan siswa mencari jawaban dari soal tersebut, melatih untuk disiplin dan mendorong pemahaman siswa terhadap materi. Model pembelajaran ini dapat mengoptimalkan kompetensi siswa dalam menyelesaikan soal. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa agar terlibat aktif secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Matematika.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran scramble, dan Matematika sekolah dasar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.