MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN GENERIC SAINS MENUMBUHKAN KEAKTIVAN SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Choeriyah

Abstract


Model Discovery Learning merupakan proses pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam hal berpikir, aktif, dan berpendapat. Penerapan model pembelajaran discovery learning di SD terutama pada mata pelajaran IPA menjadi tepat, hal ini dikarenakan model pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan model pembelajaran discovery learning meliputi menambah pengalaman siswa dalam belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih dekat lagi dengan sumber pengetahuan selain buku, menggali kreatifitas siswa, mampu meningkatkan rasa percaya diri pada siswa, dan meningkatkan kerja sama antarsiswa. Keterampilan generik sains merupakan suatu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. Keterampilan generik sains yang didapat dari proses pembelajaran dimulai dengan pengamatan tentang gejala alam meliputi pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, kesadaran akan skala besaran (sense of scale), bahasa simbolik, logical frame, konsistensi logis, hukum sebab akibat (causality), pemodelan, dan inferensi logika. Keaktivan belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar. Keaktivan dapat ditunjukan dengan keterlibatan siswa dalam mencari atau mendapatkan sebuah informasi dari suatu sumber seperti buku, guru dan teman lainnya sehingga siswa diharapkan akan lebih mampu mengenal, mengembangkan kapasitas belajar, potensi yang dimilikinya secara penuh, menyadari, dan menggunakan potensi sumber belajar yang terdapat disekitarnya.
Kata Kunci: discovery, keterampilan generic sains, dan keaktivan siswa

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.