MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MENDUKUNG KETERAMPILAN PROSES DALAM PRAKTIKUM IPA SEKOLAH DASAR

Nadea Rahma

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Persaingan era global sekarang ini menuntut adanya suatu pembelajaran yang bermutu bagi peserta didik untuk mengembangangkan keterampilan sebagai modal untuk menghadapi persaingan di era global. Project Based Learning (PjBL) model pembelajaran ini akan mengajak siswa untuk membuat suatu proyek yang menghasilkan produk dari pemikiran siswa secara mandiri. Langkah-langkah dari model pembelajaran PjBL meliputi pertanyaan esensial, melakukan perencanaan, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, memonitor aktivitas peserta didik, penilaian untuk membantu pengajar dalam menyusun strategi pembelajaran, dan pengerefleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek. Kelebihan dari model pembelajaran PjBL yaitu siswa memberikan kesempatan berlatih kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan proses sebagai pengetahuan yang telah mereka pelajari untuk mencapai tujuan. Aspek dari keterampilan proses meliputi mengamati, merencanakan percobaan, memprediksi, menafsirkan hasil pengamatan dan menarik kesimpulan, dan berkomunikasi. Berdasarkan hal di atas diharapkan model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dalam praktikum IPA SD.
Kata Kunci: model project based learning, keterampilan proses, dan praktikum IPA

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.