MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KEARIFAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Lia Ayu Novianti

Abstract


Model Pembelajaran Kooperatif ialah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Selain itu penggunaan kearifan lokal juga sangat mempengaruhi proses pembelajaran anak sehingga anak lebih cepat menangkap pembelajaran tersebut. Kearifan lokal merupakan identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menjadikan bangsa tersebut mampu menyerap, mengolah kebudayaan yang bangsa lain menjadi watak dan kemampuan bangsa tersebut. Daya tangkap merupakan kemampuan memahami atas apa yang ditangkap atau diterima oleh panca indra kita. Hasil belajar siswa yang dimaksud adalah kemampuan dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar yang diperoleh. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan daya tangkap dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode pustaka dengan cara menelaah referensi yang terkait dalam bentuk teori dan hasil penelitian dalam bentuk jurnal. Sehingga diharapkan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan daya tangkap dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, kearifan lokal, dan hasil belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.