MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA PRAKTIKUM IPA SD

Deny Hari Wibowo, Nur Ngazizah

Abstract


Pada dasarnya IPA bukan hanya sekedar sekumpulan pengetahuan saja, akan tetapi adanya proses penemuan serta mengaitkan pengetahuan itu dengan kehidupan nyata. Model pembelajaran inquiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa secara menyeluruh untuk melatih keterampilan dari siswa dalam mengambil keputusan, dan memecahkan sebuah masalah dengan menggali sendiri segala konsep yang sudah dipelajarinya. Keterampilan generik sains adalah suatu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. Aspek yang akan digunakan yaitu pengamatan langsung dan pengamatan tidak langsung. Pengamatan langsung dilakukan ketika melaksanakan praktikum dengan alat indra sendiri sedangkan pengamatan tidak langsung dilakukan pada saat siswa memakai alat praktik dalam selama pelaksanaan praktikum. Pembelajaran ini akan mendorong siswa untuk memunculkan hal-hal dan situasi yang baru pada siswa. Praktikum merupakan sesuatu kegiatan yang tidak dapat dilepaskan dari pembelajaran IPA. Siswa dapat mengembangkan keterampilan dan bereksperimen dalam pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan diruang kelas maupun lingkungan sekitar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara model pembelajaran inquiri terbimbing dengan keterampilan generik sains dalam praktikum IPA di SD.
Kata Kunci: keterampilan generik sains, model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan praktikum IPA

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.