MODEL MIND MAPPING BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA

Yuyun Dwi Haryanti, Yeni Dwi Kurino, Ijma Nurfadhilah Anwar

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran IPA masih menekankan hafalan materi sehingga tidak dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VB SD Negeri Maja Selatan I melalui Model Mind Mapping Berbasis Saintifik. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer serta hasil observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi guru dan siswa setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Mind Mapping Berbasis Saintifik mendorong siswa untuk membuat peta konsep sendiri melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 63,18 dengan ketuntasan individu sebanyak 12 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 41,37%. Pada siklus I, rata-rata nilai 69,41 ketuntasan individu sebanyak 18 siswa dengan ketuntasan klasikal 62,06%. Pada siklus II, rata-rata nilai 78,10 ketuntasan individu sebanyak 24 siswa dengan ketuntasan klasikal 82,75%. Disimpulkan bahwa Model Mind Mapping Berbasis Saintifik secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa IPA.
Kata Kunci: model mind mapping berbasis saintifik, pemahaman konsep, dan IPA



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.