STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS EDUPRENEUR DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA

Eka Ayu Lestari

Abstract


Strategi pembelajaran kreatif adalah salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran kreatif sangat penting dalam rangka pembentukan generasi kreatif yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain.Edupreneur adalah pendidikan kewirausahaan yang merupakan usaha untuk mendidik seseorang agar dapat menghasilkan suatu produk baik barangmaupun jasa yang bernilai jual dan bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain. Sedangkan Pembelajaran IPA adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Strategi pembelajaran ini menghubungkan edupreneurship dengan pembelajaran IPA SD yang dikemas menggunakan strtegi kreatif. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kreatif berbasis edupreneur dalam mata pelajaran IPA di SD, sehingga diharapkan strategi pembelajaran kreatif berbasis edupreneur bisa menjadi salah satu langkah alternatif dalam pengembangan pembelajaran IPA SD.
Kata Kunci: edupreneur, pembelajaran IPA, dan strategi pembelajaran kreatif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.