STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM BERBASIS DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA

Dwi Nofitasari, Titi Anjarini

Abstract


Masalah sosial yang dihadapi bangsa Indonesia pada saat ini antara lain disabilitas. Disabilitas adalah ketidakseimbangan interaksi antara kondisi biologis dan lingkungan sosial. Klasifikasi disabilitas antara lain tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunadaksa, tunagrahita, tunalaras, dan tuna ganda. Penyandang disabilitas mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam memperoleh pendidikan yaitu belajar. Belajar merupakan proses yang dialami siswa dimana guru memiliki peran penting dalam pelaksanaanya walaupun tidak dipungkiri terdapat berbagai hal lain yang dapat mempengaruhinya. Tugas guru adalah merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Guru berperan dalam memfasilitasi dan menciptakan kondisi yang dapat mengarahkan siswa mencapai tujuan belajar dan tujuan pendidikan secara umum. Guru merencanakan strategi pengajaran yang tepat, sehingga daapat melaksanakan pembelajaran dengan tepat. Oleh karena itu, guru harus bisa membuat strategi agar anak disabilitas dapat mudah memahami materi dengan menggunakan strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan). Tujuan penggunaan strategi ini melatih kepercayaan diri siswa dalam belajar. Strategi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam semua materi pelajaran.
Kata Kunci: strategi pengajaran, PAIKEM, disabilitas, klasifikasi, dan sekolah luar biasa



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.