ANALISIS TEKNIK MENDONGENG BERBASIS PJBL DENGAN STRATEGI ZONASI USIA SEKOLAH DASAR

Arum Ratnaningsih, Titi Anjarini

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui teknik mendongeng berbasis Project Based Learning berdasarkan zonasi usia sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif untuk menganalisis teknik mendongeng yang digunakan di sekolah dasar. Sumber data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa teknik mendongeng berbasis PJBL terdiri dari tiga teknik yang meliputi teknik penggunaan media konkret, teknik penggunaan media digital, dan teknik penggunaan media lisan. Teknik mendongeng menggunakan media konkret cocok diterapkan untuk rentang usia kelas rendah. Teknik mendongeng menggunakan media konkret meliputi boneka tangan, wayang bergambar, menggambar di papan tulis, diorama, boneka, gambar dua dimensi, papan bergambar, flip chart bergambar, dan gambar timbul styrofoam. Teknik mendongeng menggunakan media digital cocok diterapkan untuk rentang usia kelas tinggi. Teknik mendongeng menggunakan media digital yang meliputi penggunaan power point dan video audio visual. Teknik mendongeng menggunakan media lisan melalui retorika mendongeng cocok diterapkan untuk semua rentang usia sekolah dasar.
kata kunci: teknik mendongeng, project based learning, dan usia sekolah dasar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.