KETERKAITAN ANTARA KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN KARAKTERISTIK SISWA DI SD

Eka Nofita Sari, Nur Ngazizah

Abstract


Keterampilan generik sains merupakan keterampilan yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai konsep-konsep serta menyelesaikan berbagai masalah sains, untuk memahami konsep-konsep abstrak secara umum maka dibutuhkan kemampuan penalaran yang tinggi dan untuk mencapai kemampuan penalaran yang tinggi tersebut siswa dibiasakan dengan cara belajar yang menuntut penggunaan penalaran.Keterampilan generik yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains dikelompokkan menjadi delapan meliputi pengamatan langsung dan Pengamatan tak langsung, pemahaman tentang skala, bahasa simbolik, kerangka logika taat-asas dari hukum alam, inferensi logika, hukum sebab akibat, pemodelan, dan membangun konsep. Karakteristik siswa merupakan keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas. Tahapan tingkat usia perkembangan pada anak meliputi tahap sensori motor (0-2 tahun), tahap praoperasional (2-7 tahun), tahap operasional konkrit (7-11 tahun), dan tahap operasional formal (11 tahun-keatas). Berdasarkan hal diatas diperlukan tindakan lebih lanjut tentang keterkaitan antara keterampilan generik sains dengan karakteristik siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: karakteristik siswa SD, keterampilan generik sains, pembelajaran

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.