RADIO SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

Santi Nurjanah, Yayat Sudaryat, Ruhaliah Ruhaliah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberi informasi bahwa radio dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Sunda. Pada zaman milenial ini, platform yang di dalamnya memiliki program musik, merupakan salah satu hal yang menarik untuk didengarkan atau ditonton. Media ini tidak hanya bermanfaat untuk siswa, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh guru dan khalayak umum sebagai referensi yang memperkaya inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Sunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (R&D). Hasil dari uji instrumen penelitian menunjukkan bahwa rumusan soal dan media layak untuk digunakan serta hasil posttest siswa setelah menggunakan media, sudah melewati batas KKM (75) yaitu dengan rata-rata pada materi dongeng memiliki nilai 95.

 

Keyword: radio, inovasi, pembelajaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.