EFEKTIFITAS MEDIA E-PAPER SEBAGAI WAHANA PRODUKTIFITAS MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MORAL

Sisi Rosida

Abstract


Abstrak

Pembelajaran bersastra secara digital memudahkan penanaman nilai-nikai karakter bagi siswa. Pembelajaran menulis cerita moral sebagai alternatif potensial mencontoh perilaku baik, menumbuhkan apresiasi sastra melalui publikasi menulis cerita moral. Penelitian ini mengkaji keefektifan media e-paper meningkatkan kemampuan menulis cerita moral dan produktifitas siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif menggunakan pre-experimental designs, dalam bentuk one-group pretest-postes design. Pengumpulan data digunakan test tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) media e-paper terbilang efektif meningkatkan kemampuan menulis cerita moral, dibuktikan dengan nilai  thitung lebih besar dari ttabel (thitung 17,20 > ttabel 1,686).  (2) proses pembelajaran melibatkan e-paper sebagai media produktifitas siswa dalam menulis cerita moral, ditelaah dari publikasi hasil belajar siswa yang terbit di media massa.

 

Kata Kunci : e-paper, produktifitas, cerita moral


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.