HUBUNGAN SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SATE BANDENG SEBAGAI SALAH SATU BENTUK DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL BANTEN

Andjar Astuti, Sri Mulyati, Ratna Mega Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan konsumen terhadap sate bandeng serta bagaimana hubungan antara sikap konsumen terhadap sate bandeng dengan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan lokasi ditentukan secara sengaja (purposive) dengan menggunakan alat analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai tingkat pengetahuan yang tinggi yaitu sebanyak 66,67% dari seluruh jumlah responden, sedangkan Persentase untuk konsumen yang mempunyai tingkat pengetahuan rendah yaitu sejumlah 3,44 %. Terdapat korelasi antara sikap dengan kepuasan konsumen yang dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,478 yang berarti tingkat keeratan antara sikap dengan kepuasan adalah berada dalam kategori sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa sikap konsumen sate bandeng memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sate bandeng dengan tingkat korelasi sedang . Semakin positif sikap konsumen maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Sikap, Kepuasan, diversifikasi, pangan local


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.