PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI KERIPIK KELADI SEBAGAI MAKANAN RINGAN KHAS PONTIANAK

Shenny Oktoriana, Eva Dolorosa, Imelda Imelda, Anita Suharyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keripik keladi (dengan mempertimbangkan, bentuk, harga, kemasan, tekstur dan warna produk), serta perbedaan preferensi antara konsumen yang membeli untuk konsumsi sendiri dengan untuk buah tangan. Penelitian dilakukan di Kota Pontianak terhadap 149 orang konsumen dengan kuisioner. Data dianalisis menggunakan metode konjoin untuk melihat penilaian konsumen terhadap 16 variasi produk (stimuli) yang ditawarkan. Pengukuran utilitas menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai keripik keladi dengan rasa balado, berbentuk stick, harga dibawah Rp. 50.000 per kilogram, yang dikemas dalam kemasan plastik, bertekstur renyah empuk dengan warna keemasan. Aspek yang dianggap paling penting oleh konsumen adalah rasa. Terdapat perbedaan antara konsumen yang membeli untuk konsumsi sendiri dengan untuk buah tangan, terutama pada atribut utama produk yang dipertimbangkan dalam pembelian. Konsumen yang membeli untuk konsumsi sendiri mementingkan atribut rasa sedangkan konsumen yang membeli untuk oleh-oleh lebih mementingkan atribut kemasan.

Keywords : preferensi konsumen, konjoin, keripik keladi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.