MARIGOLD (Tagetes Erecta L.) TANAMAN HIAS POTENSIAL MULTIGUNA

Jajuk Aneka Beti

Abstract


Marigold (Tagetes erecta L.), di Indonesia lebih dikenal sebagai bunga kenikir atau tahi kotok, merupakan tanaman hias yang multiguna. Pada umumnya, marigold hanya dikenal sebagai tanaman hias taman atau digunakan dalam rangkaian bunga papan. Padahal marigold dapat digunakan sebagai insektisida, tanaman refugia, sumber vitamin A, pewarna alami, pakan ternak, antioksidan, dan tanaman obat. Di Bali, bunga marigold merupakan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena digunakan sebagai bunga utama pada upacara keagamaan dan sesaji harian (canang). Industri bunga marigold di Bali diperkirakan mencapai 100-200 milyar rupiah per tahun dengan kebutuhan bunga 8 ton per hari. Harga bunga marigold sangat berfluktuasi antara Rp.10,000-100.000/kg. Untuk daerah Indonesia pada umumnya, budidaya marigold dapat dijadikan alternatif untuk ditanam di sekitar
rumah, taman umum, sebagai tanaman sela di sawah atau pekarangan. Marigold mudah ditanam dan sangat adaptif terhadap lingkungan, sehingga dapat dibudidayakan di dataran rendah sampai tinggi.
Kondisi ini memberikan peluang untuk diusahakan di wilayah Indonesia. Bunga marigold sangat ekonomis sebagai bunga papan karena harganya yang murah dan warnanya yang cantik. Selain itu, marigold dapat dijadikan sumber antioksidan alami karena mengandung alkaloid dan flavonoid. Sebagai repellent daun marigold mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin dan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan salep anti nyamuk herbal dan bunganya sebagai bahan cairan anti nyamuk elektrik. Bunga marigold mengandung karotenoid yang dapat dijadikan pewarna alami dan sumber vitamin A yang dapat disubstitusikan pada pakan ayam dan ikan. Bunga marigold dapat digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit gondok, daun dan akarnya sebagai obat penyakit kulit. Hasil analisa ekonomi menunjukkan bahwa petani di Bali yang memproduksi bunga marigold mendapatkan Farm gate price sebesar 77%, dengan rantai pemasaran, yaitu petani, pengepul, konsumen. Dengan modal usaha Rp 4.911.260 mendapatkan keuntungan Rp 2.557.658.


Kata Kunci: marigold, tagetes, tanaman hias, multiguna.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.