INDEKS TINGKAT KESULITAN (ITK) DAN KEBERFUNGSIAN DISTRAKTOR SOAL PILIHAN GANDA UAS GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Rani Setiawaty, Tety Bekti Sulistyorini, Margono Margono, Laili Etika Rahmawati

Abstract


ABSTRACT

One role of teacher is as an evaluator. Evaluation can be done by test and non test. There are many tests one of which is an objective test in the form of multiple choice questions. The purpose of this reseacrh is to describe the index difficult and the function of distractors of the multiple choice of Even semester on the subjects of Bahasa Indonesia class VIIA SMP N 2 Surakarta academic year 2015/2016. The method used, namely qualitative research. The data used are primary. The object of this research is the answer sheet about of Even semester on the subjects of Bahasa Indonesia. Respondents include 26 students. The activity of item analysis using computer calculation of Microsoft Excel program. The result of the discussion shows that even semester conducted by the school is created by MGMP Surakarta. The level difficulty Even semester on the subjects of Bahasa Indonesia Class VIIA in SMP N 2 Surakarta, from 45 item are 29 item is easily classified with 64% percentage, 14 item is classified with percentage 32%, and 2 item is classified as difficult with percentage 4% . The total distractors is 135 item. Distractors that functioned as much as 43 item with a percentage of 32%, while the option distractor that does not work as much as 92 item with 68% percentage.

Keywords: evaluation, question, difficult , functionality, distactor

ABSTRAK

Salah satu peran pendidik adalah sebagai evaluator. Evaluasi dapat dilakukan dengan tes dan non tes. Ada banyak tes salah satunya tes obyektif yang berupa soal pilihan ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Indeks Tingkat Kesulitan (ITK) dan keberfungsian distraktor soal pilihan ganda UAS genap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Objek penelitian ini adalah lembar jawab soal UAS Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Responden yang digunakan sebanyak 26 siswa. Kegiatan analisis butir soal menggunakan perhitungan komputer program Microsoft Excel. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa UAS yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dibuat oleh MGMP Surakarta. ITK UAS genap mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIA di SMP N 2 Surakarta, dari 45 butir soal terdapat 29 butir soal tergolong mudah dengan persentase 64%, 14 butir soal tergolong sedang dengan persentase 32%, dan 2 butir soal tergolong sulit dengan Persentase 4 %. Jumlah seluruh distraktor yang ada sebanyak 135 butir. Distraktor yang berfungsi sebanyak 43 dengan persentase 32%, sedangkan opsi distraktor yang tidak berfungsi sebanyak 92 dengan persentase 68%.

Kata kunci: evaluasi, soal, ITK, keberfungsian, distaktor.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.