PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BERITA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Mida Gita Fitria, Khabib Sholeh, Umi Faizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, 2) pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, 3) menilai perbandingan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share dengan peserta didik yang tidak diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari tes (tes awal dan tes akhir) dan nontes (angket dan wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap motivasi belajar peserta didik, 2) terdapat pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap hasil belajar peserta didik, dan 3) peserta didik yang diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share hasilnya lebih baik daripada peserta didik yang tidak diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share.

Kata Kunci: cooperative learning think-pair-share, motivasi siswa, membaca berita


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.