PELESAPAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA IKLAN SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR KALIMAT MAJEMUK BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1

Meliana Nur Rohmah, Agus Budi Wahyudi

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kalimat bahasa iklan sebelum dan setelah dilesapkan, (2) mendeskripsikan fungsi kalimat bahasa iklan sebelum dan setelah dilesapkan. dan (3) mendeskripsikan perancangan bahan ajar kalimat majemuk SMP kelas VII. Objek penelitian berupa pelesapan fungsi unsur kalimat bahasa iklan pada surat kabar dan sosial media. Data berupa kalimat yang terdapat dalam iklan. Data bersumber dari surat kabar dan sosial media menggunakan metode simak dengan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode agih. Metode agih digunakan teknik lesap, Pelesapan yang terjadi pada bahasa iklan dan menggolongkan dalam pelesapan S, P, O, dan K. Hasil penelitian ini Pertama, surat kabar Solopos terdapat pelesapanpada beberapa fungsi unsur-unsur kalimat. Seperti: S, P, O, dan K dan gabungan dari beberapa unsur kalimat. a) Pelesapan S terdapat 18 kalimat yang terdiri 9 kalimat utuh dan 9 kalimat tidak utuh. b) Pelesapan P terdapat 9 kalimat yang terdiri 4 kalimat utuh dan 5 kalimat tidak utuh c) Pelesapan O terdapat 6 kalimat, bentuk kalimat yang ditemukan 3 kalimat utuh dan 3 kalimat tidak utuh, d) pelesapan K terdapat 5 kalimat terdiri bentuk 4 kalimat utuh dan 1 kalimat tidak utuh. Kedua,pelesapan bahasa iklan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang inovatif materi teks eksposisi di SMP kelas VII. Ketiga, penyusunan bahan ajar berupa menyusun teks eksposisi yang baru berdasarkan menemukan kata majemuk yang dilesapkan pada teks eksposisi, kemudian menyusun kembali teks eksposisi yang baru berdasar kata yang dilesapkan, seperti bahan ajar pada meringkas teks eksposisi.

Kata kunci: kalimat majemuk, pelesapan, surat kabar Solopos, sosial media.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.