IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STRUKTURALISME GENETIK DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA KULIAH TEORI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Masnuatul Hawa

Abstract


Penelitian ini adalah bagian dari penelitian disertasi doktor yang sedangdilakukan oleh peneliti dengan desain penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran teori strukturalisme genetik di Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi proses pembelajaran teori strukturalisme di Perguruan Tinggi.Pada hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu model pembelajaran yang membantu dosen dalam membelajarkan materi teori strukturalisme genetik. Melalui model pembelajaran CTL mahasiswa dapat: 1) mengembangkan pemikiran malalui cara mengkonstruksikan teori strukturalisme genetik dengan pengalaman sehari-hari; 2) menemukan fakta-fakta dan membangun konsep strukturalisme genetik (inquiri); 3)membangun komunitas belajar; 4) meningkatkan aktifitas bertanya mahasiswa terhadap materi strukturalisme genetik; 5) pemodelan; 6)malakukan refleksi pembelajaran; dan 7)melakukan penilaian otentik.

Kata kunci: Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dan Teori Strukturalisme Genetik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.