PENGEMBANGAN TEKS MATERI AJAR BAHASA BERBASISKECERDASAN MAJEMUKDALAM KURIKULUM 2013

Khabib Sholeh

Abstract


Sistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut, tetapi juga harus dilihat dari aspek yang lainnya, misalnya: kecerdasan kinestetis, musikal, visual-spasial, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Oleh karena itu, pengembangan teks materi pembelajaran bahasa berbasis kecerdasan majemuk mensyaratkan beberapa hal dalam pengembangan teks. Penggunaan teks dalam pembelajaran bahasa harus mendorong  peserta didik untuk beraktivitas dan juga harus memiliki keberagam tanggapan dengan pertanyaan yang bervariasi sehingga membuat anak tidak merasa terbebani. Teks bahan pembelajaran hendaknya disusun dengan optimalisasi modalitas belajar dengan menyajikan teks yang berbentuk verbal maupun nonverbal secara bervariasi. Teks pembelajaran hendaknya memiliki makna dan manfaat bagi peserta didik,  sehingga mereka akan menyadari bahan yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya. Pendidik harus meyakini bahwa teks pembelajaran yang disampaikannya akan membawa perubahan dalam kehidupan peserta didik yang diajarnya, sehingga mereka akan sangat tertarik dengan pelajaran tersebut.

Kata Kunci: teks materi pembelajaran bahasa, kecerdasan majemuk


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.