PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Erlita Cahya Widha Wardhani, Khabib Sholeh, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi; (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi; (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa SMA Negeri 3 Purworejo kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2016/2017. Dapat disimpulkan (1) langkah-langkah dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung adalah siswa:  a) memperhatikan contoh teks biografi; b) berdiskusi dengan guru mengenai struktur, unsur, dan ciri yang ada dalam teks biografi ; c) menulis teks biografi dengan memperhatikan struktur, unsur, ciri kebahasan yang ada dalam biografi; d) mendemonstrasikan hasil karangannya, dan siswa lain dapat berkomentar tentang karangannya tersebut; e) bersama guru melakukan refleksi. (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi pada diketahui dari hasil observasi, dan kuesioner. Hasil observasi dari delapan aspek menunjukkan perilaku siswa pada prasiklus adalah 60%, sedangkan siklus I adalah 65%, dan siklus II sebesar 88%. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar siswa senang untuk mengikuti pembelajaran menulis teks biografi menggunakan pengajaran langsung berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis. (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Purworejo dapat diketahui dari hasil tes prasiklus sebesar 74,9. Pada tahap siklus I, nilai ratarata kelasnya adalah 78,2. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata kelasnya adalah 79,8.

Kata kunci: menulis teks biografi, metode pengajaran langsung


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.